Tips Menghindari Bagian Bawah Mobil Berkarat

karat-mobil

Bagian bawah mobil adalah bagian paling menyedihkan sekaligus vital! Menyedihkan karena merupakan bagian yang paling sulit dibersihkan, tapi sebaliknya merupakan bagian vital karena terdapat banyak komponen yang berperan penting. Bagian bawah mobil adalah bagian yang selalu beresiko terkena air. Sewaktu hujan kena air. Hujan sudah berhentipun tetap kena air karena ada genangan. Dan masalah terbesarnya adalah KARAT. Terjadinya oksidasi antara besi dengan udara menyebabkan karat. Dan problem karat pada bagian bawah mobil tentu bisa mengganggu performa mobil tersebut. Bagaimana cara mengatasi masalah karat ini?

Yang pertama-tama tentu saja harus rajin dibersihkan bagian bawah ini. Coba cuci mobil anda di tempat cuci mobil yang memiliki hidrolik sistem. Jadi bagian bawahnya juga ikut dibersihkan. Kalau tempat cuci mobil biasa yang asal semprot bagian bawah biasanya masih menyebabkan menempelnya kotoran-kotoran pada komponen.

Hal berikutnya tentu saja dengan melapisi bagian bawah mobil anda dengan bahan anti karat. Terlebih jika mobil anda merupakan mobil bekas. Tapi jika mobil baru, anda sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke pihak dealer, karena beberapa dealer sudah memberikan service sekaligus pelapisan anti karat mobil, baik untuk bagian bawah (kolong), maupun untuk bodinya.

Untuk mobil yang sering dipakai di daerah pantai harus lebih diperhatikan lagi, karena air garam lebih jahat ketimbang air hujan. Kandungan garammnya amat kuat untuk meningkatkan kerusakan korosi.

Rust Guard SEL-Q adalah bahan anti karat yang biasa digunakan untuk kepentingan industri pelapisan anti karat.

Posted in tips.